“Balada Sebuah Buku”

BUKU adalah :

Sahabat yang tidak akan pernah meninggalkan atas kekuranganmu
Teman yang tidak pernah memanfaatkan kelebihanmu
Sobat yang tidak akan pernah menertawakan atas kebodohanmu
Kawan yang selalu siap membantumu

Banyak orang yang kurang memahami serta menyadari, bahkan belum mengetahui betapa pentingnya arti sebuah buku di dalam kehidupan. Banyak orang yang menganalogikakan bahwa buku termasuk sesuatu yang dapat membosankan, menjenuhkan terlebih lagi memuakkan. Padahal, dari sesuatu yang dianggap membosankan tersebutlah di mana pola pikir seseorang terbentuk.

Kalau kita umpamakan otak bak sebuah pisau, sedangkan buku merupakan asahan dari pisau tersebut. Maka, semakin pisau tersebut di asah, semakin tajamlah pisau tersebut, begitupula dengan otak kita. Semakin banyak kita membaca buku maka semakin tajam pula daya intelektual kita. Di samping itu banyak pembendaharaan kata juga yang akan kita dapatkan dari padamya.

Walaupun buku amat terasa membosankan, menjenuhkan, bahkan memuakkan khususnya tertuju bagi kita yang tidak mencintai membaca, akan tetapi Buku merupakan sesuatu yang jika kita pandang maka akan memberikan kenikmatan yang panjang, dia akan menajamkan intelektual, membuat lidah tidak kelu, dan membuat ujung jemari semakin indah. Dia akan memperkaya ungkapan-ungkapan kita, akan menenangkan jiwa, dan akan mengisi dada. Buku akan memebrikan ‘penghormatan orang-orang awam dan persahabatan dengan pejabat-pejabat’ kepada kita. Dengannya kita akan mengetahui sesuatu dalam sebulan. Satu hal yang kita tidak bias kita dapatkan dari mulut orang selama satu masa. Dengannya, kita juga bias menghindarkan hutang dan kesusahan mencari rezeki. Dengan buku, kita tidak harus bersusah-susah menghadap seorang pengajar yang mencari makan dari honor mengajar, tidak harus belajar dari orang yang secara akhlak lebihrendah dari kita, dantidak harus duduk bersama orang-orang yang hatinya penuh kedengkian dan orang-orang yang kaya .

Marilah kawan-kawan kita harus menyadari bahwa buku meerupakan pilihan terbaik bagi orang-orang yang kosong untuk menghabiskan waktu siangnya, dan bagi orang-orang yang suka bersenang-senang untuk menghabiskan malam-malam mereka. Di samping itu tanpa kita sadari, buku dapat memberikan dorongan untuk mencoba, menggunakan nalarnya, membentuk kepribadiannya, menjaga kehormatan mereka, meluruskan agama mereka, dan mengembangkan harta mereka. Oleh karena itu, kita harus mencoba untuk mencintai sebuah buku yang mana buku tersebut merupakan teman kecil yang selalu menemani dan bermanfaat di dalam kehidupan kita, walaupun kadang-kadang kita merasa bosankan, jenuh bahkan memuakkan. Akan tetapi bukulah salah satu yang dapat memberikan kontribusi besar untuk kemajuan kita. Karena, tidak ada pengaruh kecuali setelah kita mencobanya.

Sesuai dengan firman Allah SWT : “ Ini adalah sebuah kitab yang diturunkan kepadamu, maka janganlah ada kesempitan di dalam dadamu karenanya, supaya kamu memberi peringatan dengan kitab itu (kepada orang kafir) dan menjadi pelajaran bagi orang-orang yang beriman”. (QS. Al-A’raf : 1)


Created By : Reza Fajrin

0 Response to "“Balada Sebuah Buku”"

Posting Komentar